Strategi komunikasi pemasaran adalah cara yang ditempuh perusahaan untuk merealisasikan misi dan tujuan, yang telah ditentukan dengan cara menjaga dan mengupayakan adanya keserasian dengan tujuan yang ingin dicapai, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi di pasar produknya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk. yang dilakukan oleh Republika Penerbit. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Key Informan pada penelitian ini adalah Kepala Divisi Promosi Republika Penerbit.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Republika Penerbit telah menerapkan 7 konsep bauran pemasaran yaitu, iklan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran interaktif, pemasaran dari rnulut ke mulut dan penjualan personal. Republika Penerbit juga memiliki banyak kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan sehingga dapat meminimalisir kelemahan dan ancaman yang ada.